Selasa, 16 September 2014 3 komentar

PROGRAM KESISWAAN MTs ASYSYIFAA CIDOLOG



PROGRAM KESISWAAN
MTS ASYSYIFAA CIDOLOG
TAHUN 2011 / 2012

 

LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
 Program kerja kesiswaan ini telah disetujui dan disahkan
Oleh kepala MTS ASYSYIFAA CIDOLOG
Pada Tanggal     Juli 2011

Kepala Sekolah


M. ALI SARTONO, SE, AK
Wakasek Kesiswaan


SIDIK MULYADI, S.Pd.I
Mengetahui,
Pengawas


………………………….
KATA PENGANTAR


Puji dan Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan dan penyusunan program kerja wakil kepala sekolah bidang kesiswaan tahun pelajaran 2011/2012.
Program kerja ini disusun berdasarkan berbagai acuan, pemikiran dan pengalaman pelaksanaan program kerja pada tahun pelajaran sebelumnya serta saran pendapat dan masukan berbagai elemen dan pihak-pihak yang berkepentingan seperti:
  1. Instruksi tertulis / Edaran kepala sekolah tentang tugas pokok wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.
  2. Visi misi dan strategi yang hendak dicapai.
  3. Suara rekan Pembina OSIS dan rekan pengajar dan karyawan.
  4. Pengurus MPK, pengurus OSIS dan siswa/MTS ASYSYIFAA CIDOLOG
  5. Pemikiran penyusun dalam rangka pelaksanaan dan tuntutan tugas dilandasi juklak dan juknis buku pedoman Pembina kesiswaan.
  6. Pengurus komite sekolah.
Didasari keberadan siswa disekolah sebagai subjek dan pusat kegiatan yang kompleks maka pelaksanaan kegiatan bersifat skala prioritas yang penjadwalan kegiatannya disesuaikan anggaran, situasi dan kondisi serta waktu akademik yang tersedia.
Partisipasi aktif siswa lebih diarahkan kepada keseimbangan kemampuan akademik dan nonakademik sesuai minat dan bakatnya, sehingga siswa memiliki keuntungan ganda.
Dengan demikian diharapkan siswa yang berbakat dan kreatif, maupun siswa yang extrim pelanggaran tata tertib siswa terarahkan, terwadahi dan tersalurkan melalui pembinaan dan para Pembina OSIS dan pendidik diharapkan keberadaan sekolah semakin maju dan sekolah sebagai temtat pusat belajar. Semakin dipercaya semua pihak sehingga masyarakat member nilai yang makin meningkat serta terbentuk kepercayaan public kesekolah yang akhirnya bermuara pada kesejahteraan warga atau keluarga besar MTS ASYSYIFAA CIDOLOG.
Menyadari kekurangan-kekurangan penyusun dalam pembuatan program ini, maka diharapkan dapat memberikan masukan saran dan kritik berbagai pihak demi penyempurnaan penyusun program-program serupa khusunya program kerja wakil kepala sekolah bidang kesiswaan di masa yang akan datang merupakan reperensi yang amat berharga serta merupakan satu kekayaan yang tak ternilai yang kami nantikan.
Mudah-mudahan program kerja ini dapat dijadikan acuan dan gambaran kami dalam melaksanakan tugas pada Negara dan bangsa di dunia pendidikan sesuai tujuan pendidikan nasional khususnya di MTS ASYSYIFAA CIDOLOG dengan visi dan misi sekolah sebagai tolak ukur keberhasilan kerja sekolah, amin;

Cidolog,  Juli 2011
Penyusun



BAB I
PENDAHULUAN
  1. A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan Nasional bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang Beriman dan Bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani kepribadian  yang menetap dan mandiri serta memilliki rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan.
Pembangunan dibidang pendidikan diarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang bermutu tinggi, guna memenuhi kebutuhan dan menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Melalui pendidikan, sumber daya manusia yang bersifat potensi dikualisasikan hingga optimal, dan seluruh aspek kepribadian dikembangkan secara terpadu.
Sejalan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia, Departemen Pendidikan Nasional terus berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Direktorat Jendral Pendidikan , dalam hal ini telah melakukan berbagai upaya, baik pengembangan mutu pembelajaran, pengadaan sarana prasarana, perbaikan manajemen kelembagaan sekolah maupun pembinaan kesiswaan.
Peningkatan mutu pendidikan di sekolah tidak hanya terpaku pada pencapaian aspek akademi, melainkan aspek non akademik juga, baik penyelenggaraannya dalam bentuk kegiatan kurikuler ataupun akstrakulikuler, melalui berbagai program kegiatan yang sistematis dan sistematik. Dengan upaya seperti itu, peserta didik (siswa) diharapkan memperoleh pengalaman yang utuh, hingga seluruh modalitas belajarnya berkembang secara optimal.
Disamping itu, peningkatan mutu diarahkan pula kepada guru sebagai tenaga kependidikan yang berperan sentral dengan strategis dalam memfasilitasi perkembangan pribadi peserta didik disekolah. Peningkatan mutu guru merupakan upaya mediasi dalam rangka pembinaan kesiswaan. Tujuan dari peningkatan mutu guru adalah pengembangan dalam pembbinaan kesiswaan terlingkup program kegiatan yang langsung melibatkan peserta didik (siswa) sebagai sasaran, adapula program yang melibatkan guru sebagai mediasi atau sasaran antara (tidak langsung). Namun, sasaran akhir dari kinerja pembinaan kesiswaan adalah perkembangan siswa yang optimal,sesuai dengan karakteristik pribadi tugas perkembangan, kebutuhan , bakat, minat, dan kreativitasnya.
MTS ASYSYIFAA CIDOLOG merupakan lembaga pendidikan  yang berada dibawah naungan Kementtian Agama Kabupaten Ciamis yang merupakan pendidikan formal yang dipimpin oleh kepala sekolah, fungsi kepala Sekolah diantaranya sebagai pimpinan administrative dan supervisor memiliki banyak tugas yang tidak mungkin seluruhnya dapat ditanganai sendiri. Maka dalam melaksanakan tugasnya didelegasikan kepada guru yang ditugasi sebagai wakil kepala sekolah.
Di MTs Asysyifaa Cidolog terdapat 2 wakil kepala sekolah yaitu : Wakil Kepala sekolah Bidang Kurikulum dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Tiap-tiap wakil memilliki tugas dan perannya masin – masing sebagai perpanjangan tangan kepala sekolah.
Tugas wakil kepala sekolah bidang kesiswaan adalah :
  1. Menyusun program kegiatan kesiswaan setiap awal tahun pelajaran dan melaporkannya kepada kepala sekolah untuk mendapatkan pengesahannya.
  2. Merencanakan dan melaksanaan penerimaan siswa baru.
  3. Bersama wakil kepala bidang kurikulum mengelola mutasi siswa dan melaporkannya kepada kepala sekolah.
  4. Merencanakan dan melaksanakan kegiatan MOS bagi siswa kelas VII.
  5. Mengatur tatatertib siswa dan mengurus siswa yang melanggar tata tertib.
  6. Mengatur seluruh aktivitas siswa baik didalam maupun diluar sekolah.
  7. Mengorganisir pelaksanaan karya wisata.
Walaupun disekolah – sekolah telah ada wakil kepala sekolah urusan kesiswaan, akan tetapi sifatnya kordinatif dan administrative. Ia bertugas mewakili kepala sekolah dalam hal memadukan rencana serta mengkordinasikan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan sebagai bagian yang terpadu dari keseluruhan program pendidikakn disekolah.
Pada dasarnya, pembinaan kesiswaan disekolah merupakan tanggung jawab semua tenaga kependidikan. Guru adalah salah satu tenaga kependidikan yang kerap kali berhadapan dengan peserta didik dalam proses pendidikan. Guru sebagai pendidik bertanggung jawab  atas terselenggarannya proses tersebut disekolah baik melalui bimbingan, pengajaran, dan atau pelatihan. Seluruh tanggung jawab itu dijalankan dalam upaya mempasilitasi peserta didik agar kompetensi dan seluruh aspek pribadinya berkembang optimal. Apabila guru hanya menjalankan salah s atu bagian dari tanggung jawabnya, maka perkembangan peserta didik tidak mungkin optimal. dengan kata lain, pencapaian hasil pada peserta didik yang optimal, mempersyaratkan pelayanan dari guru yang optimal pula.
Oleh karena guru merupakan tenaga kependidikan, maka gurupun bertanggung jawab atas terselenggaranya pembinaan kesiswaan disekolah secara umum dan secara khusus terpadu dalam setiap mata pelajaran yang menjadi tanggung jawab masing-masing. Dengan demikian, setiap guru sebagai penedidik seyogyanya memahami, menguasai, dan menerapkan kompetensi bidang pembinaan kesiswaan.
Dalam kerangka berpikir dan bertindak seperti itulah dikembangkan standar kompetennsi guru bidang pembinaan kesiswaan, yang selanjutnya dirinci kedalam sub-sub kompetensi dan indicator-indikator sebagai rujukan penyelenggaraan pembinaan kesiswaan. Keseluruhan indicator yang diturunkan dari enam kompetensi dasar yang dimaksud dapat dijadikan acuan, baik bagi penyelenggaraan pembinaan kesiswaan secara umum dalam program pendidikan disekolah, maupun secara khusus terpadu dalam program pembelajaran dan bimbingan yang menjadi tanggung jawab guru mata pelajaran dan guru pembimbing.
B.     MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Maksud
Penyusunan program dimaksudkan untuk membantu mewujudkkan visi dan misi MTs Asysyifaa Cidolog yang tertuang dalam program strategi sekolah program kerja kepala sekolah serta mewadahi suara siswa  aktivitas dan kreativitas siswa melalui suatu wadah organisasi kesiswaan (OSIS) dan Majelis Perwakilan Kelas (MPK) dengan sejumlah kegiatannya.
2.      Tujuan
Fungsi dan tujuan akhir pembinaan kesiswaan secara umum sama dengan fungsi dan tujuan pendidikan nasional, sebagaimana tercantum dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, bab II, pasal 3 yang berbunyi sebagai berikut :
‘pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan  menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.’
Adapun secara khusus, pembinaan kesiswaan ditujukan untuk memfasilitasi perkembangan peserta didik (siswa) melalui penyelenggaraan program bimbingan, pembelajaran, dan atau pelatihan, agar peserta didik dapat mewujudkan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
  1. Keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Bentuk kegiatannya antara lain :
  • Pelaksanaan ibadah yang sesuai dengan ajaran agama masing-masing;
  • Kegiatan-kegiatan keagamaan,
  • Peringatan hari-hari besar keagamaan,
  • Perbuatan amaliyah
  • Bersikap toleran terhadap penganut agama lain
  • Kegiatan seni bernafaskan keagamaan, dan
  • Lomba yang bersifat keagamaan.
2.      Keperibadian yang utuh dan budi pekerti yang luhur
Kegiatannya dapat dalam bentuk pelaksanaan :
  • Tata tertib sekolah
  • Tatakrama dalam kehidupan sekolah, dan
  • Sikap hormat terhadap guru, orang tua,sesama siswa, dan lingkungan masyarakat.
3.      Kepemimpinan
Kegiatan kepemimpinan antara lain siswa dapat berperan aktif dalam OSIS, kelompok belajar, kelompok ilmiah, latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi, dan sebagainnya.
4.      Kreativitas, Keterampilan, dan kewirausahaan.
Dalam hal ini bentuk kegiatannya, antara lain :
  • Keterampilan menciptakan suata barang menjadi lebih berguna
  • Kreatifitas dan keterampilan dibidang elektronika, pertanian / perkebunan, pertukangan kayu dan batu, dan tata laksana rumah tangga (PKK)
  • Kerajinan dan keterampilan tangan
  • Koperasi sekolah dan unit produksi
  • Praktek kerja nyata, dan
  • Keterampilan baca tulis.
5.      Kualitas jasmani dan kesehatan
Kegiatannya dapat dalam bentuk :
  1. berperillaku hidup sehat dilingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat
  2. usaha kesehatan sekolah (UKS)
  3. Kantin sekolah
  4. kesehatan mental
  5. upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba
  6. pencegahan penularan HIV/AIDS
  7. Olah raga
  8. palang merah remaja (PMR)
  9. pembiasaan 5K yakni : keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, dan kekeluargaan)
  10. peningkatan kemampuan psikososial untuk mengatasi berbagai tantangan hidup.
  11. Seni – Budaya
Kegiatannya dapat dalam bentuk :
  • Wawasan keterampilan siswa dibidang seni suara, sastra, dan pertunjukan
  • Penyelanggaraan sanggar seni
  • Pementasan/pameran berbagai cabang seni, dan
  • Pengenalan dan  apresiasi seni-budaya bangsa.
6.      Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Bentuk kegiatannya antara lain :
  • Upacara bendera
  • Bhakti social/masyarakat
  • Pertukaran pelajar
  • Baris berbaris
  • Peringatan hari besar bersejarah bangsa
  • Wisata siswa (alam dan tempat bersejarah)
  • Pecinta alam
  • Napak tilas, dan
  • Pelestarian lingkungan.
Berdasarkan surat keputusan dirjen Dikdasmen No. 226/C/Kep/O/1993 disebutkan bahwa satu-satunya organisasi yang diakui keberadaannya adalah OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) yang mempunyai pengertian :
  1. Organisasi : kelompok kerja sama antara pribadi yang diadakan untuk mencapapai tujuan bersama
  2. Siswa : Peserta didik pada jenjang  pendidikan dasar dan menengah
  3. Intra : terletak didalam atau diantara
  4. Sekolah : Satuan pendidikan tempat penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar secara berjenjang dan berkesinambungan.
Ini berarti OSIS adalah ;
“siswa-siswa yang memiliki tujuan yang sama yang beraada pada suatu sekolah, pendiriannya melalui mekanisme aturan yang berlaku, memiliki aggaran dasar (AD), memiliki anggaran rumah tangga (ART), memilki program yang jelas yang dapat dipertanggung jawabkan dan berkesinambungan.
Menyadari arti keberadaan OSIS, khususnya di MTs Asysyifaa Cidolog perencanaan program bertujuan :
  1. Menghimpun dan mewadahi berbagai aspirasi baik lisan maupun tulisan berbagai tingkat siswa di MTs Asysyifaa Cidolog dalam suatu organisasi kesiswaan dengan membentuk MPK dan OSIS.
  2. Membantu dan mewadahi ide pemikiran, bakat dan minat serta kreativitas melalui berbagai kegiatan yang dikomandoi oleh ketua OSIS dibawah bimbingan para Pembina OSIS
  3. Mendorong sifat jiwa dan semangat kesatuan dan persatuan kekeluargaan dan persahabatan antara siswa di MTs Asysyifaa Cidolog dan dengan siswa atau individu lain diluar sekolah tanpa melihat agama yang dianut, suku bahasa dan budaya guna kehidupan yang damai, gemah ripah lohjinawi.
  4. Menumbuhkembangkan rasa kebangsaan siswa terhadap sekolah guna mendukung pelayanan sekolah sebagai tempat terselenggaranya proses belajar mengajar berjenjang dan berkelanjutan.
  5. Terbinannya rasa hormat menghormati, bekerjasama demokratis dan transparan dan disiplin serta siswa bermoral dan berakhlak yang baik dan berkompetensi diri yang handal.
  6. Melalui pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) dan pembinaan kecakapan hidup (life skill) siswa diarahkan dan disiapkan dibekali berbagai kemampuan keterampilan untuk dapat hidup dimasyarakat kelak yang dapat dihormati dibanggakan warga dilingkungannya.
Materi program pembinaan kesiswaan dikembangkan dari enam kompetensi standar yang harus dikuasai oleh guru Pembina kesiswaan. Dalam penerapannya, para guru diharapkan berangkat dari pengkajian secara seksama terhadap setiap kompetensi,  subkompetensi, dan indikator-indikator tersebut. Selanjutnya dipertimbangkan kesesuaiannya dengan bidang masing-masing dan atau bidang kegiatan bakat, minat, kreativitas siswa. Pada giliran berikutnya, para guru dapat menuangkan hasil pengkajjian itu kedalam rancangan  program pembinaan kesiswaan yang terpadu dalam keseluruhan program penndidikan disekolah.
Matrik berikut menunjukkan keterkaitan antara kompetensi dengan materi bidang pembinaan kesiswaan. Dengan mencermati matrik yang dimaksud, para guru diharapkan dapat memperoleh gambaran yang jelas tentang kompetensi dan materi bidang pembinaan kesiswaaan. Dari gambaran yang jelas, selanjutnya para guru dapat merancang, melaksanakan, dan menilai program pembinaan kesiswaan secara komprehensif.
C. PRINSIP DAN ASAS PELAKSANAAN
  1. Prinsip pelaksanaan
Ø  Ing ngarso sungtulodo
Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu lewat sikap dan perbuatannya menjadikan dirinya sebagai pola aturan dan ikutan orang-orang yang dipimpinnya.
Ø  Ing Madyo Mangunkarso
Mengandung arti bahwa seorang pemimpin harus mampu membangkitkan semangat bersuakarsa dan berkreasi pada orang yang dipimpinnya.
Ø  Tutwuri Handayani
Mengandung arti seorang pemimpin harus mampu mendorong orang-orang yang diasuhnya agar berani bejalan didepan dan sanggup bertanggung jawab.
2.      Asas-asas pelaksanaan
  • Kekeluargaan dan kegotong-royongan
  • Persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan
  • Kebersamaan
  • Selaras serasi dan seimbang
D. SASARAN
  1. Turut serta mewujudkan wawasan wiyata mandala serta visi dan misi sekolah
  2. Membina dan meningkatkan serta lebih memantapkan kepemimppinan pengurus dan anggota OSIS,sehingga melahirkan kepemimpinan OSIS yang berwibawa melalui jalur ;
  • Organisasi kesiswaan
  • Latihan Kepemimpinan
  • Kegiatan Ekstrakulikuler
  • Kegiatan Wawasan wiyata mandala
  1. terciptanya dinamika OSIS sebagai satu-satunya  organisasi siswa intra sekolah dalam usaha mewadahi aspirasi seluruh sisw membina, melatih dan mengembangkan bakat dan minat siswa baik didalam maupun diluar sekolah yang berimplikasi memberi dorongan serta motivasi pada proses belajar mengajar siswa disekolah.
  2. terciptannya segala keberhasilan diberbagai event perlombaan siswa disekolah, diluar sekolah baik ditingkat kecamatan cikembar, kabupaten dan profinsi.
E.  DASAR HUKUM
Dasar hukum penyelenggaraan pembinaan kesiswaan :
1)      undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, pasal 1 butir 6 yang mengemukakan bahwa konselor adalah pendidik, pasal 3 bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi anak didik, dan pasal 4 ayat (4) bahwa pendidikan diselengggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajarran, dan pasal 12 ayat (1b) yang menyatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya.
2)      Peraturan pemerintah no 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan, pasal 5 s.d pasal 18 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah.
3)      Peraturan menteri pendidikan nasional nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah, yang memuat pengembangan diri peserta didik dalam struktur kurikulum setiap satuan pendidikan difasilitasi dan / atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan.
4)      Dasar standarisasi profesi konseling yang dikeluarkan oleh direktorat jendral pendidikan tinggi tahun 2004 untuk memberi arah pengembangan profesi konseling  disekolah dan diluar sekolah.
F.     SISTEMATIKA PENULISAN
BAB I       :     Pendahuluan
Mengungkapkan latar belakang maksud dan tujuan serta dasar hokum Pelaksanaan
BAB II      :     Perencanaan Kegiatan
Mengungkapkan garis-garis besar program kegiatan kesiswaan dan distribusi rincian jadwal kegiatan yang direncanakan.
BAB III    :     Perencanaan Anggaran Kegiatan
Mengemukakan kemungkinan anggaran yang diperlukan guna dapat melaksanakan program kegiatan.
BAB IV    :     Penutup
Mengemukakan pentingnya koordinasi dan team work yang solid dan semua pihak terkait.
Lampiran
Terdiri dari beberapa lampiran melalui angggaran dasar OSIS (AD) sampai dengan struktur organisasi Ekstrakulikuler disekolah.












BAB II
PERENCANAAN KEGIATAN


A.    STANDAR KOMPETENSI BIDANG KESISWAAN
1.             Standar kompetensi bidang pembinaan  kesiswaan di MTs Asysyifaa Cidolog
No
Kompetensi
Sub Kompetensi
Indicator
1
Memahami perkembangan peserta didik

Memahami Karakteristik perkembangan peserta didik

  • Perkembangan fisik psikomotorik
  • Perkembangan social emosional
  • Perkembangan intelektual, bakat dan minat
  • Perkembangan kreativitas
  • Adanya pembinaan yang memfasilitasi perkembangan peserta didik dalam hal :
  • Tahap-tahap perkembangan peserta didik
  • Pemahaman  gejala perubahan fisik dan psikomotorik
  • Kehidupan social emosional berkelompok (peer group)
  • Prestasi akademik dan nonakademik
  • Organilitas dan fleksibelitas,pembaharuan
  • Ketaqwaan kepada tuhan YME
  • Kepribadian dan budi pekerti
  • Kepemimpinan
  • Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
  • Kualitas jasmmani dan kesehatan
  • Seni budaya
  • Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
Lingkup pembinaan kesiswaan
  • Terdapat pelaksanaan keagamaan, adanya  toleransi kehhidupan beragama, terdapat kegiatan hari besar keagamaan, adanya kegiatan seni dan budaya yang bernafaskan keagamaan
  • Terllaksananya tata tertib dan tatakrama dalam kehidupan soosial disekolah, sikap saling menghormati antar masyarakat sekolah.
  • Terlaksananya aktivitas OSIS kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
  • Terlaksananya aktivitas osis, kelompok belajar,latihan dasar kepemimpinan, forum diskusi.
  • Adanya aktivitas Pramuka, PMR (palang merah remaja), kantin sekolah, olah raga,  pelestarian alam, tata tertib UKS (usaha  kesehatan sekolah
  • Adanya berbagai aktivitas seni budcaya
  • Terlaksananya upacara bendera, peringatan hari-hari besar nasional, bhakti social, wisata alam, napak tilas, pelestarian alam, tata tertib

2
Mampu merancang dan melaksanakan strategi pembinaan kkesiswaan


  • Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
  • Merancang kegiatan ekstra kulikuler
  • Merancang kegiatan ekstra kulikuler melalui latihan terprogram
  • Menciptakan kegiatan kompetensi
  •  
  • Terdapat rencana tertulis pelaksanaan pembinaan kesiswaan
  • Ada program kegiatan ekstrkulikuler
  • Ada program-program pelatihan dan kompetisi
  • Terdapat kegiatan kompetisi

3
Mampu mengembangkan kegiatan pembinaan kesiswaan


  • Mengembangkan jenis-jjenis kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah seperti :
  • OSIS
  • MPK
  • Pramuka
  • PMR
  • Mading
  • Kesenian Tradisional
  • Olahraga
  • Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif, pelatihan dan  ekspose

4
Mampu merancang dan mengembangkan evaluasi kegiatan ppembinaan kesiswaan


  • Memahami konsep dasar & jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Mampu merancang instrument valuasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Adanya instrument evaluasi proses  dan hasil, baik dalam bentuk tes maupun non tes
5
Profesionalitas pribdi Pembina kesiswaan

  • Pribadi yang professional dan terintegrsi
  1. Menunjukan karakteristik pribadi yang:
  • Jujur
  • Tanggung jawa
  • Komitmen
  • Empati
  • Simpati
  • Humoris
  • Inovatif
  • Kreatif
  • Teladan
  • Resfek
  • Mudah bergaul
  • Disiplin
  • Mampu membuat jejaring sosial
2.      kaitan Kompetisi dengan materi bidang pembinaan kesiswaan
No
Kompetensi
Sub Kompetensi
Indikator
1.
Memahami perkembangan peserta didik
Memahami perkembangan peserta didik :
  • perkembangan peserta didik
  • Perkembangan fisik psikomotorik
  •  social emosional
  • Perkembangan intelektual, bakat dan minat
  • Perkembangan kreativitas
  1. Tahap-tahap dan tugas-tugas perkembangan peserta didik
  2. perkembangan fisik psikomotorik
  3. perkembangan social emosional
  4. perkembangan intelektual
  5. perkembangan kreativitas

Memahami ruang lingkup pembinaan kesiswaanMemahami lingkup pembinaan


  • Ketaqwaan kepada tuhan YME
  • Kepribadian dan budi pekerti
  • Kepemimpinan
  • Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
  • Kualitas jasmmani dan kesehatan
  • Seni budaya
  • Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan
  • Ketaqwaan kepada tuhan YME
  • Kepribadian dan budi pekerti
  • Kepemimpinan
  • Kreativitas,ktrampilan dan kewirausahaan
  • Kualitas jasmmani dan kesehatan
  • Seni budaya
  • Pendidikan pendahuluan bela Negara dan wawasan kebangsaan

Mampu Merancang dan melaksanaan strategi pembinaan kesisaan

  • Merancang strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
  • Merancang kegiatan ekstra kulikuler
  • Merancang kegiatan ekstra kulikuler melalui latihan terprogram
  • Menciptakan kegiatan kompetensi
  1. Rancangan strategi pelaksanaan pembinaan kesiswaan
  2. Ada program-program pelatihan dan kompetisi
  3. Terdapat kegitan kompetisi

Mampu mengembanngkan kegiatan pembinaan kesiswaanMengembangkan jenis-jenis kegiatan pembinaan kesiswaan

  • Terdapat berbagai jenis kegiatan pembinaan kesiswaan, baik didalam maupun diluar lingkungan sekolah
  • Terdapat berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan yang bersifat edutainment, pembinaan mental agama, kompetitif, pelatihan dan  ekspose

Mampu merancang dan mengembangkan evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan

  • Memahami konsep dasar & jenis  evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  • Mampu merancang instrument evaluasi kegiatan pembinaan ksiswaan
  1. Konsep dasar dan jenis evaluasi kegiatan pembinaan kesiswaan
  2. Rancangan jenis instrument

Profesionalitas pribadi Pembina kesiswaanPribadi yang professional dan terintegrasi


  1. Cirri-ciri pribadi : (jujur, tanggung jawab,komitmen, empati, humoris, inovatif, kreatif, teladan,, respek, mudah bergaul, disiplin)
  2. Berpengalaman dan mampu membuat  jejaring sosial






B. GARIS-GARIS BESAR PROGRAM KEGIATAN
1. kegiatan Utama
  1. Menyusun program pembinaan kesiswaan/OSIS melaksanaan bimbingan, pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan/OSIS dalam ranngka menegakan disiplin dan tata tertib sekolah.
  2. Membina dan melaksanakan koordinasi keamannan, kkebersihan, ketertiban, keindahan kerindangban dan kekeluargaan (6K).
  3. Memberikan pengarahan dan pemilihan ppengurus OSIS, melakukan pembinaan pengurus OSIS dalam berorganisasi.
  4. Menyusun program dan jadwal pembinaan siswa secara berkala dan insidentil.
  5. Melaksanakan pemilihan calon siswa teladan dan calon penerima beasiswa
  6. Melaksanakan pemillihan siswa untuk mewakili sekolah dalam kegiatan diluar sekolah.
  7. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan kesiswaan secara berkala
  8. Mengadakan rapat koordinasi dengan perwakilan kelas dan pengurus OSISi
  9. Mengghadiri rapat pertanggungjawaban  pengurus OSIS lama
  10. Membuat SK pembubbaran MPK lama dan ppengangkatan anggota MPK baru dengan SK  Kepsek.
  11. Melaksanakan pemilihan Pengurus OSIS
2. Kegiatan Lainnya
  1. Menentukan bidang kegiatan
  2. Mengajukan usulan Pembina OSIS dan Pembina ekstrakulikuler
  3. Memberikkan SK Kepsek untuk Pembina OSIS, Pembina EkSKul,Koordinator dan Para pelatih
  4. Menghaadiri rapat-rapat pengurus OSIS, memberikan SK kepsek dalam pembentukan dan pembubbaran kepanitiaan kegiatan.
  5. Menghadiri siswa diberbagai event perlombaan baik latihan maupun kejuaraan.
  6. Penataan lingkungan melalui 5K
  7. Evaluasi seluruh kegiatan
C. PENDISTRIBUSIAN RINCIAN KEGIATAN
1. Kegiatan Awal Tahun
  1. Menyusun program kerja,OSIS, Wakil kesiswaan dan para Pembina OSIS
  2. Melaksanakan rapat koordinasi kesiswaan
  3. Bersama wakil kepala  bidang kurikulum menyusun jadwal petugas upacara pengibaran bendera serta pembiina upacara.
  4. Mendata jadwal petugas piket OSIS
  5. Rapat koordinasi, pembentukan panitia dan pelaksanaan MOS (Masa Orientasi Siswa) sesuai juklak dan juknis.
  6. Pengenalan dan pembinaan wawasan wiyata mandala,  pengarahan dan pengendalian kegiatan kesiswaan / OSIS dalam rangka penegakan disiplin melalui penerapan tata tertib siswa.
  7. Membina dan melaksanakan koordinasi 5K yakni keamanan, kebersihan, ketertiban, kerindnga dan kekeluargaan.
  8. Mengarahkan siswa untuk memilih salah satu kegiatan ekstrakulikuler yang wajib diikuti sesuai minat dan bakat.
  9. Mempublikasikan para Pembina, pelatih dan coordinator kesiswaann.
  10. Registrasi dan pencatatan anggota masing0masing eSKul
  11. Melaksanakan uji  kkelayakan pengurus OSIS dan MPK
  12. Mengadakan latihan dasar kepemimpinan bagi siswa baru dan pengurus OSIS
  13. Pempublikasian 5K pengurus OSIS dan MPK
  14. Pempublikasian jadwal kegiatan mencakup: sarat calon penerim beasiswa dan jenis beasiswa, calon siswa teladan serta karyawisata dan yang lainnya.
  15. Pendataan biodata siswa  diklsifikasikan  sesuai minatnya dalam kegiatan ekskul.
2. Kegiatan Harian
  1. Membina siswa untuk tetap disiplin dan patuh pada aturan yang berada disekolah baik yang tertulis maupun yang tak tertulis.
  2. Mengamatti dan mendata serta menggali informasi calon siswa berprestasi di MTs asysyifaa Cidolog.
  3. Mendata dan memberikan point nilai pelanggaran bagi siswa yang melangggar peraturan
  4. Mengontrol pelaksanaan 5K dilingkungban sekolah
  5. Melaksanakan tugas-tugas pendelegasian dari kepala sekolah
  6. Menandatangani penggunaan anggaran kesiswaan sesuai keperluan dan terdapat pada mata anggaran  sekolah atas persetujuan pimpinan.
  7. Mewakili guru piket jika yang bersangkutan tidak hadir sesuai jadwal piket pimpinan.
  8. Melaksanakan piket pimpinan mengirimkan siswa unntuk mengikuti undangan dan penataran atas persetujuan kepala sekolah
  9. Mengirimkan Pembina atau pelatih guna membimbing atau mengikuti berbagai latihan atau perlombaan
3. Kegiatan Mingguan
  1. Mengawasi,mengontrol dan mengabsen pelaksanaan kegiatan ektra kurikiler
  2. Melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera tiap dua minggu sekali
  3. Pembinaan tentang perlunya siswa disiplin dan mentaati peraturan tata tertib sekolah dan melaksanakan 5K.
4. Kegiatan Bulanan
  1. Membimbing pengurus OSIS untuk melaksanakan berbagai kegiatan OSIS sesuai jadwal kegiatan seperti hari besar agama atau nasional
  2. Menyiapkan, menyusun dan member 5K kegiatan pada panitia yang sudah disetujui dan ditandatangani kepala sekolah
  3. Melaksanakan koordinasi dengan pengurus OSIS dan MPK  dan para Pembina OSIS atau dengan para Pembina lainnya
  4. Bersama para Pembina dan petugas piket mengadakan razia.
  5. Melaksanakan rapat koordinasi dengan para Pembina.
5. Kegiatan Semester I
  1. MOPD
  2. Upacara Bendera
  3. Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib :
  • Pidato bahasa inggris, bahasa sunda dan bahasa Indonesia.
  • LCC
  • Dakwah
  • Lomba Baca Puisi
  • Bola voli
  1. Pengumuman berbagai hasil penilaian kreativitas siswa menyangkut 5K, absensi dan pelaksanaan upacara pengibaran bendera.
  2. Madding
  3. Pemilihan MPK
  4. Pemilihan OSIS
  5. Pesantren kilat
  6. Diklat ekstrakulikuler
  7. Latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS).
6.    Kegiatan semester II
  1. Karyawisata
  2. Menyiapkan dan melaksanakan perpisahan kelas IX
  3. Mengadakan rapat koordinasi dengan pengurus OSIS dan para Pembina
  4. Mengadakan razia
  5. Mengadakan clasmeeting dengan mata lomba wajib.
  6. Bola voli,sepak bola, khotbah, MTQ, kaligrafi
  7. Upacara pengibaran bendera
  8. Peringatan Isra Miraj
  9. Peringatan maulid nabi Muhammad saw
  10. Mengadakan Pekan Kreatifitas siswa – siswi setingkat SD/MI
7. Kegiatan Akhir Tahun
  1. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia siswa baru
  2. Memberikan SK kepala Sekolah pada panitia penerimaan siswa baru
  3. Menyiapkan dan menyusun kelompok kerja panitia mos
  4. Memberikan SK kepsek pada panitia MOS
  5. Melaksanakan PSB dan MOS
  6. Laporan evaluasi Program
D. RINCIAN RENCANA KERJA BIDANG KESISWAAN
No
Bidang Studi dan strategi kegiatan
Indicator Keberhasilan
Langkah untuk mencapai keberhasilan
Penangguang jawab
Waktu pelaksanaan
Sumber dana
ket
1.
Menerima siswa baru tahun ajaran 2012-2013 agar terisi siswa kelas 1
Diterima siswa baru kelas 7 sebanyak 98 siswa
  1. mempelajari juknis psb
  2. membentuk panitia psb
  3. menerima pendaftaran siswa baru
  4. merangking pendata sesuai pilihan
  5. daftar ulang bagi siswa yg diterima

Kepala Sekolah
Waka Kesiswaan

Juli 2011

BOS
Persiswa

2
Merencanakan pelaksanaan MOS agar siswa mempunyai kesan yang baik terhadap sekolah

Terlaksananya MOS bagi siswa kelas 7
  1. mempelajari petunjuk pelaksanaan MOS
  2. menyusun panitia, serta program kegiatan MOS
  3. Melaksanaan MOS

Bidang Kesiswaan

Juli 2011
BOS

-
3.
Merencanakan formasi kelas agar distribuusi siswa merata

Tersusunnya formasi kelas untuk tiap angkatan
  1. menghitung jumlah siswa laki-laki/perempuan
  2. menentukan jumlah rombongan tiap angkatan
  3. menentukan kritteria penyebaran siswa
  4. di kelas
  5. membuata daftar nama siswa di kelas

BK dan Kesiswaan

Juli 2011
BOS

-
4.
Mengisi buku induk siswa dan buku klaper agar semua siswa tercantum pada buku induk

Telah masuknya siswa kedalam buku induk
  1. memberi nomer induk pada setiap siswa
  2. memasukan data-data siswa kedalam buku induk atau buku klaper
  3. memasukan setiap nilai raport siswa kedalam buku induk
Petugas buku induk

Setiap saat
BOS
-
5
Mencatat mutasi siwa agar dapat diketahui keluar masuknya siswa

Tertibnya buku mutasi siswa baik siswa yang masuk maupun yang keluar
  1. mencatat jumlah siswa yang ada pada buku mutasi
  2. menambah jumlah siswa jika ada mutasi masuk
  3. mmengurangi jumlah siswa jika ada siswa yang keluar
  4.  
TU
Waktu ada mutasi/ setiap bulan

BOS
-
6
Memantapkan wawasan wiyata mandala agar warga sekolah fungsi sekolah sebagai pusat pendidikan

Seluruh warga mengerti bahwa seluruh warga sebagi pusat pendidikan bukan untuk kegiatan yang lain
  1. melalui MOS diberikan wawasan wiyata mandala
  2. melalui upacara bendera

Kepala Sekolah
Kesiswaan
Guru-guru
MOS-Upacara

BOS
-
7
Mengembangkan UKS agar warga sekolah selalu dalam keadaan sehat

Berfungsinya UKS untuk melayani siswa tau warga sekolah
  1. menyediakan tempat untuk menampung
  2. siswa yang sakit
  3. menyediakan obat-obatan ringan
  4. mencatat semua kejadian yang berhubungan dengan kesehatan siswa
Pembina OSIS

Setiap Hari
BOS
-
8
Mengelola OSIS agar siswa berlatih berorganisasi disekolah
Terbentuknya penguruus OSIS disekolah
  1. memilih calon pengurus OSIS
  2. menetapkkan dengan SK kepengurusan OSIS untuk periode 1 tahun
  3. mengadakan pembinaan untuk pengurus OSIS
Pembina OSIS

Pembina OSIS
BOS

-
9
Mengelola daftar hadir siswa agar tertib dan disiplin hadir disekolah
Siswa hadir disekolah tepat waktu
  1. menyiapkan blanko daftar hadir siswa
  2. mengisi daftar hadir siswa setiap hari
  3. membuat rekap siswa yang absent
Wakasek Kesiswaan
Setiap Hari
Bos
-

10
Merencanakan upacara bendera disekolah
Terselenggaranya upacara setiap hari senin dan sabtu dan hari-hari besar nasional
  1. menyiapkan kelengkapan alat upacara
  2. melatih petugas upacara secara bergiliran tiap-tiap kelas
  3. menyiapkan jadwal upacara beserta petugas dan pembina
  4. melaksanakan upacara rutin maupun upacara nasional sesuai jadwal
Pembina OSIS

Hari senin & hari besar Nasional

BOS
-
11
Membentuk koprasi siswa agar siswa berlatih berkoprasi disekolah

Berdirinya koperasi siswa disekolah
  1. menyiapkan tempat untuk koperasi sekolah
  2. memilih pengurus koperasi dari siswa
  3. membina pengurus koperasi
Wakasek Kesiswaan
-
BOS
-
12
Mengembangkan kreatifitas agar siswa berkembang sesuai dengan minat dan bakat

Telah berjalannya 4 macam kegiatan ekstrakulikuler
  1. sekolah menyediakan kegiatan eskul yang sesuai dengan minat siswa
  2. membuat presensi dan mendata siswa untuk setiap kegiatan
  3. melaksanakan kegiatan sesuai dengan pilihan siswa
Kesiswaan
Juli 2012
BOS
Rincian biaya ada pada RAPB kesiswaan

13
Meningkatkan efektivitas komunikasi antara pembinaan dan peserta ekstrakulikuler melalui internet untuk menyampaikan program-programnya
Telah dibuat situs kesiswaan diintternet, Pembina ddan peserta mampu komunikasi lewat internet
  • mengadakan kursus internet bagi Pembina dan peserta ekstrakulikuler
  • membuat situs kesiswaan diinternet, serta fasilitas, mailing list dan data update
Kesiswaan

-
BOS
  • program schoolnet gratis biaya pasang dan pemakaian selama 1 tahun
  • biaya kursus & pembuatan situs dibebankan pada RAPBS

E. STRATEGI PELAKSANAAN
Sesuai dengan tujuan dan karakteristik materi program pembinaan kesiswaan tersebut diatas, maka strategi yang digunakan meliputi pelatihan (terintegrasi dan distrik), lokakarya, kunjungan sekolah (school visit), dan perlombaan/pertandingan (bersifat kompetisi). Penggunaan jenis strategi untuk program tertentu : dan atau beberapa strategi  dikombinnasikan dalam dalam pelaksanaan satu atau beberapa program, yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pelaksanaan.
Disamping itu, dasar pertimbangan penggunaan suatu strategi mencakup asppek-aspek sebagai berikut :
  1. Kelusan materi dan sarana program sarjana;
  2. Waktu dan tempat ppenyelenggaraan;
  3. Tenaga pelaksanaan, dan
  4. Dana yang tersedia.
Strategi pelatihan terintegrasi berbasis kompetesi digunakan dalam program pembinaaan kesiswaan yang melibatkan sarana guru atau tenaga pendidikan,dan pelaksanaan pelatihan itu merupakan bagian dari program pelatihan lainnya (program Induk) yang serumpun. Dalam hal ini, baik biaya, tenaga pelatihan, maupun bahan atau materi pelatihan program pembinaan kesisw aan merupakan bagian dari program induk.
Strategi pelatihan (districk training) merupakan bentuk pengembangan kapasitas aparat pendidikan tingkat profinsi,kabupaten-kota, dan atau sekolah yangdiselanggarakan ditingkat profinsi tgentang program pembinaan kesiswaan tertentu atau program yang serumpun. Tentu saja,biaya, tenaga pelatihan, dan bahan atau materi pelatihan berasal berasal dari pusat,sedangkan tempat/lokasi pelatiahan dikoordinasikan dengan pihak provinsi.
Strategi lokakarya (workshop) digunakan dalam rangka menghasilkan sesuatu, baik berupa rumusan acuan, rencana kegiatan,pengembangan tekhnik satu instrument, maupun kesamaan persepsi,wawasan, dan komitmen untuk kepentingan pelaksanaan program yang terlingkup dalam bidang pembinaan kesiswaan. Lokakarya dapat diselenggarakan  secara nasional atau ditingkat pusat;dan dapat pula dibagi menjadi bebrapa region penyelenggaraan.
Kunjungan sekolah    (school visit) merupakan strategi yang digunakan dalam bentuk kegiatan pemantauan (Monitoring), penilain (evaluasi), pengamatan (observasi),studi kasus, dan atau konsultasi klinis-pengembangan, baik tentangg persiapan, pelaksanaan, maupun hasil suatu program pembinaan kesiswaan. Strategi kunjungan sekolah dilaksanakan terutama untuk mempersempit kesenjangan antara kebijakan yang dihasilkan ditingkat pusat dengan elaksanaan suatu program  pembinaan kesiswaan ditingkat SKolah sasaran.
Perlombaan merupkan strategi pelaksanaan program pembinaan kesiswaan yang bersiffat kompetitif, melibatkan siswa atau sekolah peserta secara langsung dalam suatu event atau kegiatan, baik yang bersifat internasional maupun nasional. Strategi perlombaan dapat  dilaksanakan sebagai kegiatan tunggal (bukan kegiatan yang dilksanakn secara bertahap dari tingkat bawah); dapat pula (lazimnya) dilakukan secara bertahap dari tingkat sekolah, kecamatan, Kabupaten/kota, provinsi, Hingga tingkat nasional ataupun internasional.




















BAB III
RENCANA ANGGARAN KEGIATAN OSIS
MASA BHAKTI 2011 / 2012




NO
JENIS KEGIATAN
BIAYA
KET
1
Penerimaan Siswa Baru


2
Masa Orientasi Siswa


3
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ( LDKS )


4
Pengelolaan Majalah Dinding


5
Kegiatan di luar sekolah ( Olimpiade, olah raga, kesenian )


6
Kegiatan rutin OSIS


7
Kegiatan rutin Pramuka


8
Kegiatan Rutin PMR


10
Kegiatan Rutin Kesenian


11
Pengadaan alat – alat penunjang kegiatan siswa :



a.   Tandu


b.   Semaphore


c.   Tenda


d.   Bendera Pramuka


e.   Bendera OSIS


f.    Bendera PMR


g.   Kotak Obat


h.   Stetoskop


i.    Ranjang Pasien


j.    Tongkat Pramuka


k.   Atribut


l.    Tali Prusik 25 m


m. Tali tambang plastik 50 m


12
Pengadaan obat – obat ringan untuk 1 tahun :



a.   Betadine


b.   Kapas


c.    Kasa / Perban


d.   Promag


e.   Dialet


f.    Paracetamol


g.   Balsem


h.   Minyak kayu putih


Jumlah


















Waka Bid. Kesiswaan




















SIDIK MULYADI, S.Pd.I
















BAB IV
PENUTUP

  1. KESIMPULAN
Semua kegiatan  dilaksanakan,baik langsung oleh sekolah maupun  oleh siswa yang berkaitan dengan pengembangan keperibaian selalu terencana dengan baik dan matang,dengan selalu membuat rencana program kerja atau kegiatan dan rencana anggaran kegiatan. Semua rencana harus dilaksanakan dengan baik sesuai dengan agenda sekolah dan selalu dipantau oleh kepala sekolah melalui wakasek kesiswaan.
Peran serta yang sangat aktif dari seluruh siswa sangat diharapkan demi terwujudnya keperibadaian siswa yang menuju kearah positif.
  1. SARAN-SARAN
Sebaiknya apapun kegiatan itu terencana dan terlaksana, maka penulisan laporan pertanggung jawaban harus dibuat untuk dijadikan bahan evaluasi dan bahan rekomendasi untuk kegiatan-kegiatan berikutnya. Harapan utamanya adalah kegiatan yang sudah terlaksana akan menjadi cermin atau gambaran,sehingga kegiatan berikutnya akan terlaksana dengan sukses.
Lampiran

SUSUNAN PENGURUS KESISWAAN
MASA BHAKTI 2011 / 2012
Penanggung Jawab                               : Kepala Sekolah
Waka Kesiswaan                                 : Sidik Mulyadi, S.Pd.I
Pembina Pramuka                                : Andang Herdiana, S.Pd.I
Pembina PMR                                      : Esya Rosliana, S.Pd
Pembina Keagamaan                           : Asep Hidayat, Drs
Pembina Olah Raga                             : Sidik Mulyadi, S.Pd.I
Pembina Kesenian                               : Yati Kusmiati, SE
Pembina Klub Bidang Study                : Guru Bidang Study

 
;