Kamis, 16 Juni 2011

PROGRAM MGMP SMANSAGAS



                                                                                                                                                                                                                                           BAB 1
PENDAHULUAN


  1. Latar Belakang
Pendidikan adalah merupakan sarana andalan untuk menciptakan sumber daya manusia yang tangguh untuk menghadapi era globalisasi dan informasi sekarang ini. Hal ini dibuktikan oleh usaha pemerintah untuk memajukan pendidikan baik itu pendidikan formal maupun non formal di tiap-tiap daerah. Usaha pemerintah itu pula selalu mendapat respon yang baik dari Dinas Pendidikan yang selalu mengadakan lomba pelajar berprestasi tingkat kabupaten lomba pidato keagamaan, lomba MTQ, MHQ dan kegiatan-kegiatan yang lain yang dapat memberikan kontribusi, motivasi kepada siswa dan guru untuk senantiasa memacu prestasi siswa dalam segala bidang.
Sesuai dengan tujuan Pendidikan Nasional seperti yang tercantum dalam undang-undang sistem pendidikan nasional Nomor 20 tahun 2002 bahwa untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbudi pekerti yang luhur, berkepribadian, berdisiplin, kerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil, serta sehat jasmani dan rohani.
Mengacu pada tujuan tersebut di atas, dilakukan berbagai usaha dan upaya untuk peningkatan mutu tenaga pendidik atu peningkatan sumber daya pengelola pendidikan. Kongkritnya adalah usaha peningkatan profesional guru untuk meningkatkan kwalitas proses belajar mengajar.
Perubahan pola pikir bagi guru dalam pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran harus diarahkan sesuai dengan paradigma pendidikan kekinian. Guru dituntut memahami secara utuh proses pembelajaran mulai dari perencanaan, proses pembelajaran, dan evaluasi sesuai dengan KTSP. Tuntutan ini merupakan implikasi dan implementasi dari perubahan reorientasi pembelajaran yang dilakukan guru mata pelajaran.
Adalah upaya yang sangat mendasar apabila perubahan pola pikir itu diwadahi oleh suatu organisasi yang legal formal diantaranya Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Tentunya melalui forum MGMP baik di tingkat sekolah, Komisariat dan kabupaten akan sangat membantu dan sebagai jembatan emas untuk mengantarkan para guru menjadi guru ideal sesuai dengan tuntutn jaman.
Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sekolah dan sistem pembinaan profesional tenaga kependidikan yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cimaragas perlu peran aktif dan dukungan dari seluruh stok holder pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan :
  1. pembinaan dan monitoring dari Dinas Pendidikan melalui para pengawas mata pelajaran dan pembina dalam setiap kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang ada dilingkungan sekolah.
  2. kepala sekolah mendukung sepenuhnya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dengan memberikan ijin dan mengeluarkan segala kebutuhan untuk kegiatan MGMP di tingkat sekolah
  3. seluruh guru mata pelajaran yang ada di SMA Negeri 1 Cimaragas baik PNS maupun non PNS aktif mengikuti kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
  4. komite sekolahpun menyadari bahwa kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sangat penting bagi seluruh mata pelajaran hal ini dibuktikan dengan adanya alokasi dana dalam anggaran pendapatan dan belanja sekolah (APBS) ubtuk meningkatkan profesional guru.

  1. Tujuan
Tujuan diadakannya kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di SMA Negeri 1 Cimaragas adalah sebagai berikut :
  1. Memperluas pengetahuan dan wawasan guru dalam berbagai hal, khususnya penguasaan substansi materi pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan-bahan pelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, memaksimalkan pemakian sarana/prasarana belajar, memanfaatkan sumber belajar.
  2. memberi kesempatan kepada para guru untuk membagi pengalaman serta saling memberikan bantuan dan umpan balik
  3. meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi guru
  4. memberdayakan dan membantu memecahkan dan menciptakan solusi terhadap berbagi masalah yang sering terjadi dalam melaksankan tugas-tugas pembelajaran di sekolah
  5. mengubah budaya guru (meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan kinerja) dan mengembangkan profesionalisme guru melalui kegiatan-kegiatan pengembangan profesionalisme di tingkat MGMP sekolah
  6. meningkatkan mutu proses pendidikan dan pembelajaran yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik

  1. Hasil yang Diharapkan
  1. meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru
  2. tumbuhnya semangat, kerja sama untuk meningkatkan mutu pembelajaran
  3. adanya pembaharuan pola pikir tentang paradigma pembelajaran
  4. tidak adanya kesenjangan antara guru dalam satu rumpun mata pelajaran
  5. masalah dan kendala yang timbul dalam pembelajaran dapat diminimalisir karena dapat dipecahkan bersama dalam forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) sekolah
  6. merelevansikan hasil pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat

  1. Sasaran
Seluruh guru yang ada di lingkungan SMA negeri 1 Cimaragas yaitu :
  1. Guru-guru yang belum memperoleh predikat S1
  2. guru-guru yang belum berpengalaman dalam bidang mendidik dan mengajar baik itu guru yang berstatus GTT atau guru yang mengajar tidak sesuai dengan keakhliannya
  3. guru-guru yang masih kekurangan angka kreditnya baik itu untuk kenaikan pangkat maupun sertifikasi


  1. Manfaat
  1. dapat meningkatkan kinerja guru secara profesionalisme guru sesuai dengan standar kompetensi guru yang berorientasi kepada peningkatan kualitas pembelajaran sesuai dengan managemen berbasis seklah (MBS)
  2. prestasi sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran akan dapat diraih sehingga secara langsung akan meningkatkan kwalitas pendidikan di SMA Negeri 1 Cimaragas
  3. Meningkatkan standar pelayanan minimal kepada siswa
  4. meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan antar guru dalam satu rumpun mata pelajaran dan dalam satu sekolah




















BAB II
DESKRIPSI PELAKSANAAN PROGRAM


  1. Strategi dan Metode
Agar tujuan Musyawrah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cimaragas, Kabupaten Ciamis berhasil guna dan berdaya guna maka diperlukan strategi dan metode pelaksanaan program kegiatan. Strategi dan metode ini diharapkan mampu menyentuh kebutuhan riil guru mata pelajaran di lapangan. Strategi yang telah dilaksanakan sebagai berikut :
  1. di lingkungan sekolah SMA Negeri 1 Cimaragas, Kabupaten Ciamis membentuk Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah untuk mengadakan sharing pendapat tentang masalah yang di temukan selama proses belajar mengajar.
  2. Apabila terdapat masalah pembelajaran yang tidak bisa dimusyawarahkan di tingkat sekolah, maka di bawa ke MGMP tingkat Komisariat untuk di diskusikan dan meminta penjelasan dari nara sumber yang berkompeten
Rincian program kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Cimaragas, Kabupaten Ciamis tahun pelajaran 2010/2011 sebagai berikut :
No
Komponen
Masalah
Sasaran
Keterangan
1
2
3
4
5
1.
Standar Isi
* Program Tahunan
Guru

* Program Semester
Guru

* Pemetaan Materi
Guru

* Penyusunan Silabus
Guru

* Penyusunan RPP
Guru

2.
KKM
* Penyusunan KKM
Guru

* Penentuan KKM
Guru

3.
Kisi-Kisi dan soal Semester 1
Penyusunan kisi-kisi dan soal
Guru

4.
Kisi-Kisi dan soal Semester 2
Penyusunan kisi-kisi dan soal
Guru

5.
Pembuatan soal pra Ujian Nasional bagi mata pelajaran yng di Uian Nasionalkan
Untuk lulus 100 %
Siswa








  1. Sistem Dolumentasi / Pelaporan

b.1 Jadwal Kegiatan MGMP SMA Negeri 1 Cimaragas
Hari
RUMPUN MATA PELAJARAN
Senin
    1. Kimia
    2. Seni Budaya
    3. Eko/Akuntansi
Selasa
1.      Bahasa Inggris
2.      Pendidikan Jasmani
3.      Bahasa Sunda
Rabu
1.      Matematika
2.      TIK
3.       
Kamis
1.      Sosiologi
2.      Bahasa Indonesia
3.      Geografi
4.      Sejarah
Jum’at
1.      PAI
2.      Fisika
3.      Bahasa Arab
Sabtu
1.      PKn
2.      Biologi
3.      PLH

b.2 Daftar Peserta MGMP Sekolah

No
Rumpun Mata Pelajaran
Guru Mata Pelajaran
Jabatan
1.

1.      
Koordinator



  1. Kwalitas Program
Sesuai denganjadwal dan scedule time yang telah ditentukan kami programkan bahwa program kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) mata Pelajaran dapat berjalan lancar.
Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tahun 2010/2011 dapat dilaksankan secara rutin setiap satu bulan dua kali dalam setiap mata pelajaran. Kegiatan ini mendapat dukungan yang baik dari seluruh guru-guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Cimaragas, sehingga sangatlahtepat apabila kegiatan musyawrah Guru Mata Pelajaran (MGMP) guru mata pelajaran di SMA Negeri 1 Cimaragas, ditingkatkan frekuensi pertemuannya untuk memprcepat peningkatan mutu pendidikan.


BAB III
PEMBIAYAAN KEGIATAN



Dengan adanya pendidikan melalui paradigma baru ini, MGMP membutuhkan sumber dana yang memadai untuk meningkatkan mutu guru sesuai dengan tuntutan jaman dan tuntutan masyarakat. Adapun yang telah kami lakukan untuk hal tersebut sebagai berikut :
  1. Untuk Kelengkapan Administrasi mengajar berasal dari
  2. Untuk pelaksanaan Kegiatan MGMP berasal dari


SUMBER DANA DAN PENGGUNAAN DALAM 1 TAHUN

PENDAPATAN
PENGELUARAN
NO
URAIAN
JUMLAH
NO
URAIAN
JUMLAH
1.

Rp.
1.
Kelengkapan Mengajar
Rp.  
2.
Konsumsi
Rp.
3.
Penyusunan Program dari setiap mata pelajaran
Rp.  
Jumlah



Rp.






























BAB IV
PENUTUP



Pendidikan adalah faktor yang asangat penting dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara maju dan mundurnya suatu Negar tergantung pada pendidikan masyarakatnya. Pendidikan bisa maju apabila dibangun oleh tenaga-tenaga profesional, bertanggung jawab dan berdedikasi tinggi.
Dengan adanya kegiatan MGMP sangat memberikan sumbangsih bagi dedikasi, profesional dan tanggung jawab guru sebagai pendidk dan pengajarjuga pelayan masyarakat yang senantiasa selalu ingin memperbaiki diri untuk membangun masyarakat Bangsa dan Negara demi tercapainya negara yang maju di mata internasional dan di segani oleh bangsa lain.
Program ini merupakan landasan kami anggota MGMP sekolah SMA Negeri 1 Cimaragas dalam bekerja sebagai pendidik dan pengajar untuk memberikan yang terbaik kepada peserta didik untuk membangun manusia Indinesia yang beriman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Demikianlah harapan kami dan semoga apa yang kita perbuat selalu ada dalam bimbingan Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin



2 komentar:

Momon mengatakan...

Dina pendahuluan
"Pendidikan adalah merupakan sarana" mun dibaca ku bu mimin mh bakal di komentar geura..hehe
adalah merupakan...

Dicky Mulyadi mengatakan...

kumha kitu kang..

Poskan Komentar

 
;